Image of ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA DAN EFEKTIVITAS SISTEM
INFORMASI PBF ALAT KESEHATAN DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DI PT. PENTA VALENT SEMARANG

Text

ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA DAN EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI PBF ALAT KESEHATAN DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DI PT. PENTA VALENT SEMARANG



Alat kesehatan merupakan instrumen, aparatus, mesin dan atau implan
yang tidak mengandung obat yang digunakan untuk mencegah, mendiagnosis,
menyembuhkan dan meringankan penyakit, merawat orang sakit, memulihkan
kesehatan pada manusia, dan atau membentuk struktur dan memperbaiki fungsi
tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pengguna dan
efektivitas Sistem Informasi PBF Alat Kesehatan dengan Metode End User
Computing Satisfaction (EUCS) pada PT. Penta Valent Semarang.
Penelitian ini merupakan jenis non eksperimental dengan metode End
User Computing Satisfaction (EUCS). Instrumen yang digunakan adalah lembar
wawancara dan kuesioner yang telah melalui uji validitas serta reliabilitas.
Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan deskriptif frekuensi untuk
menggambarkan karakteristik responden serta persentase dari setiap dimensi
yang menekankan kepuasan pengguna akhir terhadap aspek teknologi. Dimensidimensi tersebut meliputi isi (content), keakuratan (accuracy), tampilan (format),
ketepatan waktu (timeliness), dan kemudahan penggunaan sistem (easy of use).
Hasil dari penelitian ini menunjukan kepuasan pegawai terhadap sistem
informasi dengan metode end user computing satisfaction (EUCS) pada dimensi
content (isi) mendapatkan 76,86%, pada dimensi accuracy (keakuratan)
mendapatkan 77,25%, pada dimensi format (tampilan) mendapatkan 76,47%,
pada dimensi easy of use (kemudahan) mendapatkan 75,68%, pada dimensi
timeliness (ketepatan waktu) mendapatkan 77,64%. Hasil rata-rata pada kepuasan
sebesar 76,78% yang berada pada kriteria puas.
Pada efektivitas sistem informasi di PBF PT. Penta Valent Semarang
dimensi system quality (kualitas sistem) mendapatkan 78,03%, pada dimensi
information quality (kualitas informasi) mendapatkan 76,86%, pada dimensi
service quality (kualitas layanan) mendapatkan 77,25%, pada dimensi information
use (pengguna informasi) mendapatkan 77,25%, pada dimensi use satisfaction
(kepuasan pengguna) mendapatkan 77,25%, pada dimensi net benefit (manfaat
penggunaan) mendapatkan 76,47%. Hasil dari rata-rata pada dimensi efektivitas
sebesar 77,18% yang berada pada kriteria cukup efektif.
Kata kunci : Kepuasan, Efektivitas, Alat Kesehatan, Metode EUCS.


Ketersediaan

A/07/KTI/2025011.75 AUL aMy Library (REFRENSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 AUL a
Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Nusaputera : SEMARANG.,
Deskripsi Fisik
xiv + 98 hal; 29 cm x 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
000
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya